Memantau Pengunjung Web/blog Menggunakan Histats

Ditulis oleh: -
Sebagai pemilik blog tentunya pengunjung sangat berarti buat kita, bukan?. Tanpa pengunjung, sebuah web/blog bisa dikatakan percuma kita buat, kecuali kalau kita bikin web/blog untuk hanya dibaca diri sendiri. Ada nggak ya yang seperti itu? Sepertinya mustahil. Apalagi kalau kita membuat blog untuk tujuan bisnis online maupun offline.

Pemula atau bukan, kita pasti ingin tahu siapa pengunjung blog kita sekarang, kemarin, minggu lalu, bulan lalu, tahun lalu….. Lalu, adakah sebuah perangkat yang bisa menunjukkan kepada kita siapa saja yang datang ke blog kita? Tentu saja ada, dan banyak macamnya. Salah satunya yang akan saya bahas adalah Hitstats. Salah satunya, karena memang sebenarnya banyak situs penyedia layanan pemantau pengunjung ini di internet baik yang gratis maupun yang bayar. Nah, kata ‘gratis’ inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa saya memilih Hitstats untuk dibahas kali ini. Alasan lain karena memang saya sudah menggunakannya.

Kalau situs kita sudah dapat dicari di search engine, kita juga dapat melihat pengunjung melalui kata kunci yang mereka gunakan, dengan demikian kita dapat mengetahui artikel mana yang paling menarik atau artikel mana yang teknik SEO-nya sudah baik sehingga kita dapat mengoptimasinya lebih lanjut agar situs kita ditempatkan google di halaman depan.
Oke, langsung saja kita menuju TKP.



Silahkan register di http://www.histats.com/ Masukkan Account Info seperti : alamat email dan Pasword (bukan password email Anda, tapi email buat account). Isi Site info seperti : Site url, Title, Description. Isikan Page views start value dan Visitors start value dengan angka yang kita inginkan. Pilih model tampilan yang diinginkan, lalu klik continue. Pilih informasi yang akan ditampilkan. Ada Total Page views,Total Visitors, User online, Page views today, Visitor today. Klik Continue.

Untuk pages view start value dan visitors start value terserah kita mau mengisi dimulai dari angka 0, 100, 1000, atau angka lainnya, asal jangan lebih dari 10.000.000. Hal ini tentunya tergantung dari umur blog. Kalau masih benar-benar baru dan jumlah artikelnya masih sedikit isi aja dengan angka 0 atau perkiraan jumlah pengunjung yang telah datang sebelum memasang Histats ini. Untuk blog lama yang artikel dan pengunjungnya sudah ramai tapi baru mau menggunakan Histats kita dapat menset sendiri akan dimulai dari angka berapa dengan memperkirakan jumlah halaman yang telah dilihat dan pengunjung yang telah mengunjungi situs kita.

Ada banyak sekali pilihan tampilan Hitstats, baik dari segi bentuk warna. Terserah saja apakah mau yang animated counters, (bentuk unik, hanya menampilkan pages), counters 1 line (menampilkan pages/ berapa halaman yang dilihat / dibaca pengunjung), counters 2 line (menampilkan pages dan visits), counter 3 line (menampilkan pages, visits, visits today), atau counter 4 line atau hanya ingin menampilkan icon histats ? Ada juga pilihan text counters dan invisible counter. Silakan pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Apabila sudah menentukan pilihan, misal counters 4 line (menampilkan pages, visits, visits today,online), tapi masih belum puas dengan pilihan warna yang ada, kita bisa merubahnya dengan meng-klik choose a counter from this category. Akan terbuka jendela baru dengan lebih banyak pilihan variasi warna. Pilih yang sesuai dengan keinginan. Beri titik pada pilihan histats yang terpilih, kemudian klik continue. Kemudian kita dapat memilih site info apa saja yang ingin ditampilkan pada Histats kita. Setelah selesai klik continue lagi. Tunggu 20 detik untuk proses updating. Copy javacript code yang tertera di sana dengan cara membloknya kemudian tekan ctrl+C.

Sekarang saat kita menempatkan kode Histats tersebut di blog kita, dalam hal ini saya menggunakan blogger/blogspot. Seperti biasa kita masuk pada tata letak, elemen halaman, tambah gadget, kemudian klik tanda + pada HTML/JavaScript. Untuk judul terserah mau diisi Histats atau dikosongkan, pada kolom konten, tekan ctrl+v, maka kode yang telah dicopy tadi akan tercantum di sana. Jangan lupa klik simpan. Sekarang di blog sudah terdapat Histats, kita dapat mengatur penempatannya dengan menggeser menarik-turunkan mouse pada gadget dan kolom yang tersedia sesuai templete blogger. Setelah selesai klik simpan.

Selesai sudah tahapan instalasi Histats kit. Setelah itu kita bisa memanfaatkannya untuk lebih mengoptimalkan situs kita. Kalau ingin masuk ke Histats, tinggal klik pada icon yang ada di blog kita, maka kita akan langsung dibawa ke website Histats. Kita dapat mulai mempelajari karakteristik pengunjung dengan mengarahkan mouse pada traffic, referer, visitor, special, site list, atau account. Di masing-masing icon ada menu lagi, tinggal dipilih apa yang ingin kita pelajari. Misalkan tentang kata kunci yang mengarahkan pengunjung ke situs kita. Ini dapat dilihat di referer, search engine.
Nah, selamat memantau pengunjung dan Salam sukses!

1 comments:

  1. Wah menarik mas, karena memantau pengunjung diperlukan untuk mengetahui perkembangan blog kita, salam kenal

    BalasHapus

Silahkan Komennya

eHaji.com | Waralaba Bisnis Travel Haji dan Umrah Mandiri
========================================================